Tentang Politik Uang, Ayo Cegah


BONETERKINI - Pemilihan Kepala Daerah secara serentak 2024 tidak lama lagi digelar. Di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan diperkirakan diwarnai dengan politik uang.

Praktik politik uang dan adanya pengaruh oligarki ini terungkap dalam survei terbaru dari Lensa Indonesia Research and Consulting. Seperti yang dilangsir tribuntimur.com edisi 2 Agustus 2024 lalu dikatakan bahwa Pilkada di Kabupaten Bone diperkirakan akan diwarnai dengan politik uang.

Survei yang dilakukan Lensa Indonesia Research and Consulting, antara 1-15 Juli 2024 dan pengolahan data 16-20 Juli ini melibatkan 800 responden dari 27 kecamatan di Bone ini kecenderungan responden mendukung politik uang. 

Adanya kecendrungan itu, anggota Bawaslu Bone Nuralim mengatakan bahwa kita harus waspada. Kalau survei ini betul, maka kita harus bersama-sama mencegahnya. Bukan cuma Bawaslu tetapi juga lembaga lain seperti pers, lembaga swadaya masyarakat dan yang lainnya.

Kekuatan pers misalnya, bisa melakukan fungsinya sebagai kontrol dan memberi info kepada pemilih bahwa politik uang itu tidak baik.
Lembaga pers tidak boleh terlena dengan hasil survei ini.
Komentar

Berita Terkini